Sumber Daya Manusia

Mengelola sebuah organisasi dalam perjalanan menuju sukses memiliki tantangan tersendiri, seperti berurusan dengan faktor-faktor ekonomi yang mungkin atau tidak mungkin berdiri tanpa hambatan. Biasanya, orang akan mengklaim bahwa ini adalah urusan Sumber Daya Manusia. Namun, beberapa organisasi yang sukses telah menggunakan teknik yang lebih bisa diterapkan untuk berhasil saat ini lebih kepada menggunakan beberapa metode sekaligus dan menggabungkannya demi untuk mendapatkan yang terbaik. 

Dalam islam sendiri kita telah banyak diingatkan bahwa berhasil tidaknya segala sesuatu adalah tergantung kepada usaha manusia karena allah Subhanahu wata'ala tidak akan merubah nasib suatu kaum hingga mereka merubah apa yang da pada diri mereka sendiri. dalam suatu hadist yang menceritakan tentang kehancuran dan atau kerusakan serta ketidak berhasilan suatu usaha adalah jika sesuatu itu diserahkan kepada yang bukan ahlinya. maka tunggulah....!

Sumber daya manusia erat kaitannya dengan kehidupan dunia dan akherat , disaat sumber daya manusia yang ada telah banyak mencerminkan ketidakberesan atau ketidaksesuaian maka segala sendi - sendi kehidupan itu akan hancur atau rusak sebaliknya jika segala sesuatu itu baik urusan dunia maupun akherat diserahkan kepada mereka yang memang ahlinya atau kompeten didalamnya maka urusan itu akan baik.

Peran Sumber Daya Manusia

Kebanyakan orang dalam suatu organisasi akan mengidentifikasi Departemen Sumber Daya Manusia untuk sesuatu yang sistematis, kebijakan yang berhubungan atau administratif. Beberapa orang berpikir bahwa Program Sumber Daya Manusia akan melanjutkan hal ini dengan psikologi atau berusaha untuk menanamkan salah satu dari tiga yang disebutkan di atas.

Metode tradisional menekankan pada kepemimpinan, kekompakan dan loyalitas dalam suatu organisasi. Ini menekankan pada kolektivisme. Tidak ada yang benar-benar buruk dalam pandangan tradisional tersebut. Namun, karena terlalu berfokus pada faktor-faktor ekonomi dari sebuah organisasi apapun itu bentuknya maka lambat laun akan hancur.

Ini telah dihadapkan lebih lanjut dengan aspek yang berbeda dan kebutuhan. Dengan demikian, bidang sumber daya manusia juga dibentuk karena disesuaikan dengan lingkungan sosial atau politik.

Tahap Transisi

Waktu berubah cepat dizaman sekarang Persepsi tradisional harus dibawa keluar dari setiap gambaran yang ada dan kecenderungan untuk modern sekarang dalam Manajemen Sumber Daya Manusia adalah untuk menjadi lebih strategis, konsultatif dan interaktif padahal semestinya modern bukan berarti meninggalkan apa yang ada dimasa lalu namun lebih kepada mengembangkan segala aspek yang ada dengan menghindari segala kekeliruan dan mencari solusi yang lebih cerdas.

Sumber Daya Manusia Abad 21

Ini jelas merupakan suatu perubahan yang diinginkan. Namun, ini mungkin tidak datang dengan mudah kepada mereka yang telah terbiasa dengan 'sekolah lama' (ajaran yang lama) Iklim sosial organisasi sekarang ini mustinya ditangani bukannya terbatas pada faktor ekonomi dan kekuasaan namun lebih kepada kebersamaan dan keadilan.

Apa yang bisa diharapkan dari Sumber Daya Manusia Sekarang ?

1. Departemen ini harus menunjukkan bahwa hal tersebut berperan untuk memenuhi semua tujuan dari seluruh organisasi. Hal ini tidak lagi terbatas pada individu melainkan kelompok dan keseluruhan yang dibina menjadi satu kesatuan.

2. harus menyediakan juga basis dan dimensi untuk mengukur keberhasilan dari inisiatif sumber daya manusia dan proses yang diterapkan, kepada masing - masing individu , kelompok , dan secara menyeluruh.

3. Semua anggota baik yang ada didalam organisasi maupun diluar organissi harus diperlakukan dan diakui sebagai klien.

4. Akhirnya, tidak akan ada rasa sakit untuk juga mengubah persepsi masyarakat mengenai peran dari Sumber Daya Manusia, karena mereka baik masing - masing individu dan kelompok berada dalam satu kesatuan yang utuh dan saling membina.

Tak bisa dipungkiri. Hal ini diperlukan untuk lebih mendidik masyarakat dan memberikan dukungan untuk praktik ini. Meningkatkan dan mengembangkan sastra dan agama dengan menggabungkan teori-teori ini akan sangat membantu dalam mengatasi kekhawatiran dan kebutuhan setiap individu organisasi dan kelompok dalam organisasi. mengingat masyarakat terus berubah menyangkut sumber daya mereka. lebih lanjut dalam Sumber Daya Manusia dapat membantu membentuk dan memperbaiki teori. 

Namun, mengejar karir di bidang Sumber Daya Manusia diharapkan dapat memberikan kontribusi hingga perkembangan praktek dan implementasi. Ada inisiatif juga untuk menyebarkan pengetahuan dalam organisasi, sampai ke sebagian besar anggota biasa. Cara terbaik untuk memberdayakan mereka adalah dengan memberikan perangkat lunak Sumber Daya Manusia yang menyediakan orientasi dan diskusi komprehensif kebijakan organisasi.

Fakta ini bermanfaat bagi kebanyakan orang di tempat kerja guna untuk menetapkan dasar-dasar yang harus ada dalam setiap perusahaan atau organisasi. Hal ini juga menetapkan batas sejauh mana sumber daya manusia agar tidak menghalangi orang dari setiap hak dasar atau hak istimewa. Bahkan ada beberapa yang kini menerapkan Program Sumber Daya Manusia yang memungkinkan partisipasi aktif dari dimana mereka menjadi bagian dari pengambilan keputusan dan bertugas untuk datang dengan metode dan tempat untuk membuat usaha ini layak.

Kepemimpinan tidak diragukan lagi adalah hal penting dalam setiap organisasi, karena hal ini adalah salah satu tanggung jawab dan akuntabilitas pada satu sumber. Namun, untuk keseluruhan  komponen harus diakui bahwa Sumber Daya Manusia harus fokus pada kekuatan yang sesungguhnya dan pada sumber daya yang sesungguhnya yakni manusia itu sendiri

(al ayat) Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment