Kelalaian Kita Semua

Belajar Memahami Kesalahan Bangsa Ini

Menyikapi persoalan bangsa ini Khususnya Umat Islam , Jika kita anggap dan menghukumi tentang apa yang terjadi selama ini Kesalahan maka selamanya kita akan terus salah , Karena Ini Semua tak lain dan tak bukan adalah Kelalaian dan ini kelailaian Kita Bersama, Cukup sudah kita dengan cara yang selama ini saling menyalahkan , cukup sudah kita selama ini saling menjatuhkan karena yang terjadi dengan persoalan masyarakat di negeri ini akan semakin pelik, dan jika kita masih tetap dengan cara itu , kita justru akan semakin tersesat.

Harus kita akui selama ini kita suka menyalahkan sesama kita yang sudah terlanjur salah di sebelah sana , sementara kita diam disini mengamati kesalahan mereka dengan tidak berbuat sesuatu yang berarti, yang justru memasukkan kita kepada kesalahan yang lain.

Ini kelalaian kita semua ,

Jangan lagi berharap mereka menyuarakan aspirasi kita, untuk aspirasi dan keserakahan mereka saja, anggaran dan sumber daya negeri ini masih tidak cukup menutupinya. Pupus sudah menggantungkan harapan perbaikan negeri ini di tangan mereka. Lalu apakah kita sudah salah memilih mereka. Salah salah benar mungkin tidak, karena toh kita harus melalukan mereka dalam demokrasi pemilihan. Ataukah kita sudah memilih orang yang tidak benar? Tidak satu pun! Buktinya di saat DPR menelurkan kebijakan yang tidak berpihak kepada kita, tidak satu pun orang kita di sana membanting kursinya terus memprotes kebijakan itu. Atau ketika penyimpangan korupsi sudah dilakoni berjamaah di sana, tidak satu pun orang kita dengan sikap berbeda menolak dan atau bahkan memberantasnya.

Ini kelalaian kita semua

Kalau kita mau jujur mengatakan keadaanlah yang telah membawa kita menjadi salah, keadaan di sini bukan cuma faktor luar, termasuk kemampuan diri dan konsistensi pribadi sebagai keadaan, telah bersama faktor luar tadi cuma bisa menjadikan mereka berubah salah.

Akhirnya kita perlu dengan cerdas menemukan penyebab dan mencarikan solusi yang bisa membantu saudara-saudara kita kembali ke jalan yang benar. Penyebabnya mungkin sudah kita tahu, tapi kita lebih suka mencari kambing hitam, menyikapi mereka dengan hujatan dan sikap terus menyalahkan.

Adakah kita berpikir, seandainya kita berada ditempat yang sama seperti mereka , adakah jaminan kita tidak berpijak di tempat yang bisa membuat kita salah seperti mereka. Dengan kata lain, kita orang yang benar pada waktu yang benar (tidak salah)...?

Sudah waktunya berhenti .......!! dan menghentikan semua kekacauan bukan dengan saling menyalahkan dan mencari kesalahan akan tetapi bekerja dan saling membantu memperbaiki keadaan.

Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment