Bersegeralah Memohon Ampunan

Tanda-tandanya semakin hari justru semakin terlihat nyata, disaat kebanyakan manusia sedang asik bermain , bercanda , dan tertawa , sejatinya Al Qur'an telah menjelaskan bahwa hari kiamat benar-benar akan terjadi. Meskipun Kiamat pasti terjadi tetapi waktunya hanya Allah SWT yang tahu. Namun begitu Allah telah memberitahukan Tanda Hari Kiamat itu kepada Nabi Muhammad SAW lalu beliau menyampaikannya kepada kita. Jadi kita hanya tahu tentang Tanda Hari Kiamat itu dari beberapa sumber baik itu dari Alqur’an maupun hadits.

Sungguh sangat mengherankan yang terjadi saat ini. Sebagian orang atau tukang ramal menyatakan, ada yang bisa memprediksi kapan terjadinya kiamat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri tidak mengetahui terjadinya hari kiamat, padahal beliau adalah orang yang paling dekat dengan Allah. Begitu pula malaikat Jibril selaku penyampai wahyu dari Allah juga tidak mengetahui kapan terjadinya hari kiamat. Jika Nabi yang paling mulia dan malaikat yang mulia saja tidak mengetahui tanggal, bulan atau tahun terjadinya hari kiamat, sudah sepantasnya orang selain keduanya tidak mengetahui hal tersebut.


Perlu ditegaskan pula bahwa waktu terjadinya hari kiamat termasuk perkara ghoib dan menjadi kekhususan Allah yang mengetahuinya. Sehingga sungguh sangat dusta jika beberapa paranormal yang sebenarnya tidak normal bisa menentukan waktu tersebut, namun bisa jadi hal tersebut. 

Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah” dan tahukah kamu hai Muhammad, boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.” (QS. Al Ahzab: 63). 

Ayat ini dengan sangat jelas menunjukkan bahwa tidak satu pun makhluk yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat, tidak ada yang mengetahui waktunya selain Allah Ta’ala. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun tidak mengetahui karena waktu tersebut termasuk di antara mafaatihul ghoib kunci-kunci ilmu ghoib yang hanya Allah saja yang mengetahuinya. (Lihat QS. Luqman: 34)

Meskipun belum muncul beberapa tanda kiamat kubro, namun ada kematian yang pasti akan menghampiri setiap insan. Walaupun tidak menemui tanda kiamat kubro, setiap orang pasti akan merasakan kematian cepat ataupun lambat, tidak ada seorang pun yang bisa lari dari yang namanya maut. Allah Ta’ala berfirman yang artinya,

Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada Allah, yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan” (QS. Al Jumu’ah: 8)

Kematian adalah benar adanya Sehingga pantaskah terbetik untuk menunda-nunda beriman dan beramal sholih. Sungguh, hanya orang yang hatinya tertutup dengan kelamnya maksiat yang tidak mau memperhatikan hal ini. 

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat peringatan bagi orang-orang yang mempunyai hati atau yang menggunakan pendengarannya, sedang dia menyaksikannya.” 

(QS. Qaaf: 37). 

Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment