Sunnatullah Atas Penyakit Bakhil Manusia

Penyakit bakhil , medit , bin pelit adalah memang penyakit manusia sejak dahulu dan harus kita akui penyakit ini adalah termasuk penyakit yang paling sulit untuk dihilangkan, penyakit bakhil , menumpuk harta , dan menyimpannya serta menikmatinya sendiri dan lupa akan karunia allah yang telah diberikan kepada kita adalah termasuk yg dimurkai oleh Allah dan Rasul-Nya. 

Salah satu dari sunnatullah yang terkait dengan penyakit bakhil adalah dibenamkannya Qorun dan harta bendanya , serta Celakanya Sa'labah sahabat Rosulullah Muhammad yang awalnya adalah salah seorang sahabat Nabi yang selalu rajin dan taat beribadat shalat berjamaah.

Keserakahan menjadikan lupa diri dan sombong serta ingkar akan rahmat dan karunia Allaah kepada manusia, bahkan menganggap apa - apa yang diperolehnya adalah dari kepandaiannya (qorun surah al qashash)

Kalau kita mau berkaca diri dan melihat disekitar kita , telah banyak lahir secara paksa generasi qorun, kita telah dipaksa untuk mengingkari keberadaan sang pencipta lewat pendidikan dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi yang mana , jika mereka tidak menempuh pendidikan itu maka mereka akan dihadapkan pada masalah perekonomian dan sulitnya mencari penghidupan. 

Sadar atau tidak manusia zaman ini telah dipaksa untuk mengikuti jejak Qorun , mau atau tidak mau manusia zaman ini dipaksa untuk menjadi pengikut Qorun dan pada akhirnya tidak sedikit manusia zaman ini menjadi Qorun.

Lihat saja begitu banyak propaganda yang mengatasnamakan pendidikan dan cara mendapatkan kekayaan dengan mengandalkan kepintaran mereka dan menganggap bahwa kepandaian itulah yang menjadikan mereka kaya / berhasil.
Carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu kebahagiaan negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari kenikmatan duniawi dan berbuat baiklah kepada orang lain sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan
Qarun berkata: "Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku."

Dan apakah ia tidak mengetahui, bahwasanya Allah sungguh telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya, dan lebih banyak mengumpulkan harta? Dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yang berdosa itu, tentang dosa-dosa mereka.

Al Qashash : 78
Kesombongan , Takabur Qorun telah menjadikannya lupa akan Sang Pencipta , Yang Maha Mengatur dan Memberi Rizqi tidak mau berbuat baik kepada orang lain dan berbuat kerusaka. Maka turunlah Sunnatullah kepadanya dan para pengikutnya.


Bakhil adalah salah satu penyakit hati penyakit itu muncul karena berlebihan dalam mengaktualkan potensi dirinya. yakni tidak adanya keseimbangan dalam dirinya. Tidak jarang manusia dermawan dan royal dalam dosa dan kemaksiatan, tapi bakhil dalam kebaikan dan ketaatan. (Al Ayat)

Mengapa manusia bakhil? Tiada lain faktor utamanya adalah cinta dunia sesuatu yang dicintai sangatlah berat untuk dilepaskan dari dirinya. Islam tidak melarang mencari dunia, yang dilarang adalah mencintainya dan berlebihan. Orang yang mencintai dunia dan bakhil ia tak akan mengeluarkan hak Allah dan Rasul-Nya, apalagi mengeluarkan hak saudaranya yang seiman. 

Tidak sedikit ayat yang menyinggung perkara bakhil bahkan kalau boleh dibilang inilah penyakit Jasmani dan Rohani Utama Manusia "Nafsu Duniawi".

Dan tidak sedikit pula ayat - ayat peringatan akan sunnatullah yang satu ini , hukuman dunia dan akherat menjadi balasannya, pada hari dipanaskan emas dan perak di neraka (al ayat) bahkan tidak tanggung - tanggung mereka yang tidak mengeluarkan haq fakir miskin dan yatim dan tidak membantu orang yang kekurangan adalah termasuk orang yang mendustakan Agama. (al ayat)

Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment