Potensi Gempa Besar

Padang (ANTARA News) - Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana, Andi Arief, mengatakan bahwa potensi gempa berkekuatan besar semisal 8,9 skala richter (SR) harus disampaikan kepada masyarakat. Masyarakat harus mengetahui itu agar mereka dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap kemungkinan, namun bukan untuk menakut-nakuti, potensi gempa dengan kekuatan 8,9 SR berdasarkan kajian dari data kebencanaan di masa lalu, seperti gempa bumi dan tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004, merupakan siklus 600 tahunan yang sebelumnya terjadi sekitar abad ke-14 dan 15.


Potensi gempa dengan kekuatan besar di Sumatra barat, menurut dia, juga berdasarkan sejarah masa lalu yang pernah terjadi, yakni tsunami pada abad ke-14, 17, dan 18. "Data tersebut cukup memperlengkap adanya potensi ke arah bencana," katanya. Kemungkinan terjadinya gempa dengan kekuatan besar setelah melakukan pembicaraan dengan pihak PMBV, LIPI, BNPB, serta para ahli dan tim perguruan tinggi. daerah yang patut diwaspadai terjadinya gempa dengan kekuatan besar adalah Siberut, serta Selat Sunda, di mana dua kawasan itu harus menjadi prioritas perhatian baik masyarakat sekitar maupun pemerintah.

Tidak hanya di Sumatra barat, potensi terjadinya bencana saat ini mulai merata dari Aceh hingga Papua, seperti gempa dengan kekuatan 4,4 SR yang terjadi baru-baru ini di Singkawang dan belum pernah diprediksi sebelumnya. Perlunya disampaikan potensi gempa dengan kekuatan besar di suatu daerah, menurut dia, disebabkan bencana tidak hanya persoalan suatu daerah namun juga akan berimbas ke daerah lain bahkan hingga mancanegara. dengan adanya potensi terjadinya gempa berkekuatan besar di Sumatra barat, masyarakat harus kembali menggali apa yang ada pada zaman dulu. Karena itu penelitian tentang keberadaan Istana Pagaruyung yang asli masih terus dilakukan untuk mengetahui sejarah yang terputus tentang kebencanaan di Sumbar.

Jika potensi bencana itu ada dan tidak kita sampaikan, maka yang terjadi nantinya malah akan membuat masyarakat yang menjadi korban semakin banyak, seperti yang terjadi di Aceh tahun 2004. Kita harus belajar dari itu, ada kepentingan untuk menyampaikan potensi bencana agar masyarakat siap menghadapinya, karena pada setiap peristiwa gempa, siklus pengulangan selalu terjadi.

Dan apakah tidak menjadi petunjuk bagi mereka, berapa banyak umat sebelum mereka yang telah Kami binasakan

Sedangkan mereka sendiri berjalan di tempat-tempat kediaman mereka itu.

Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah. Maka apakah mereka tidak mendengarkan? As Sajdah : 26

0 komentar:

Post a Comment