Benarkah Penyesalan Selalu Datang terlambat ?

"Menyesal kemudian tidak ada gunanya"

Penyesalan - apakah bisa dibenarkan bila kita menyesali sesuatu? Mengapa kita menyesali sesuatu ? Bagaimana kita bisa menyesali sesuatu ?


Penyesalan tidak datang terlambat, tapi penyesalan selalu datang akhir. kalo di awal bukan penyesalan namanya tapi  perencanaan. penyesalan yang ada di akhir itu terjadi karena kesalahan pada saat perencanaan dan setelah melakukan tindakan salah yang telah kita perbuat. namun demikian dengan adanya penyesalan bukanlah berarti kita akan berhenti dan terus berada dalam keterpurkan akan tetapi sebaliknya dengan adanya penyesalan seharusnya membuat kita berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama pada masa yang akan datang.  sehingga penyesalan yang kita lakukan akan menjadikan motivasi baru agar kita bisa menjadi individu yang lebih baik dan melakukan yang lebih baik dari pada yang telah lalu. 

Pilihlah yang terbaik dalam setiap langkah dalam hidup, karena perjalanan kehidupan adalah pilihan yang hanya datang satu kali dalam hidup dan waktu tidak akan terulang kembali , ingatlah bahwa penyesalan itu selalu datang di akhir cerita hidup manusia, jangan sampai kita menjadi pribadi yang selalu menyesal dan terus berkubang dalam penyesalan. seringkali orang yang sehat tidak menyadari betapa nikmatnya sehat itu. dia baru merasakan nikmat sehat ketika dalam keadaan sakit. Seringkali orang kaya tidak mampu dan tidak mau berhemat atau bersedekah. dan baru menyesal ketika sudah hidup dalam kekurangan, mengapa bukan sewaktu kaya raya dulu dia berhemat dan banyak bersedekah, tetapi mengapa ketika segalanya sudah tidak ada dia berpikir untuk berhemat dan bersedekah. Seringkali orang membuang-buang waktunya dengan hal-hal percuma di saat lapang. Namun, di saat sempit, dia menangisi waktu-waktunya yang telah terbuang. (al ayat).

Ya, kita seringkali menyesali keburukan yang telah terjadi, Peribahasa mengatakan, penyesalan sering datang terlambat. Mungkin ada orang mengatakan, bukankah dengan penyesalan itu kita dapat memperbaiki diri? Perkataan orang itu ada benarnya. Yang salah adalah, orang yang tidak mau memperbaiki dirinya dari segala kesalahan masa lalunya. Orang yang hanya bisa menyesal dan menyesal, tapi kemudian dia masuk kembali dalam lubang yang sama serta tidak berpikir waktunya sangat singkat, sehingga jikalau sudah masuk kedalam kubur, atau kehilangan segalanya penyesalannya tidak akan berguna lagi.

Setiap manusia memang tak pernah luput dari salah, tapi jangan mengeluh karena selalu salah sehingga kita tidak bertindak. Padahal dalam setiap kesalahan ada petunjuknya bahwa yang kita lakukan salah dan kita harus memperbaikinya, bukan sebaliknya karena salah kita diam dan terus berada dalam kesalahan dan membiarkan kesalahan, karena hal itu justru akan membawa kesalahan kedua dan penyesalan terbesar, mungkin apabila kita mencoba lagi ada peluang untuk benar dan penyesalan akan menghantui kita disaat kita tidak mencobanya lagi.

Kita sedang hidup dan menjalani kehidupan, baik dimasa ini dan masa lalu akan selalu ada pelajaran, jangan engkau sesali masa lalumu dan membiarkan hal yang sama kembali terjadi dimasa depan , karena kualitas masa depan anda ditentukan oleh kualitas cara hidup anda hari ini. Maka mulai dari sekarang bangunlah rasa percaya diri kepada diri sendiri agar anda mampu melewati hidup tanpa penyesalan.

Penyesalan itu cuma sekali, kalo berulang-ulang itu bukan penyesalan tapi kebiasaan, Bukan penyesalan yang tentunya harus dipersoalkan tapi kesalahan yang kita perbuat yang mesti kita perbaiki Sebelum ajal datang menjemput, dan berada selamanya dalam penyesalan. Menyesali waktu yang telah banyak terbuang percuma. Menyesali dosa-dosa yang pernah diperbuat. Tumbuhkanlah benih-benih kesadaran akan keadaan diri di alam selanjutnya. Mungkin kebahagiaan akan mewujud jika kita segera bertobat dan mengakhiri segala kesesatan selama ini.

Mari kita bertobat dengan penuh kesungguhan, membersihkan amal-amal kita dari segala penyakit hati, iri , hasud, dengki , riya , buruk sangka, dan menghisab diri kita sebelum kita dihisab di akhirat nanti. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan memaafkan semua kesalahan-kesalahan kita dan memasukkan kita kedalam surga-Nya. Aamiin

Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment