Bagaimana Mendukung Kegiatan Anak Di Rumah

Apakah Anda sering bertanya-tanya tentang bagaimana untuk lebih mendukung anak dan pendidikan mereka dari rumah? Apakah anda bingung tentang bagaimana mengarahkan mereka kepada hal - hal yang positip...?
Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu atau setidaknya memberikan panduan kepada anda untuk mengarahkan anak ketika dirumah.

Tidak ada yang lebih frustasi di pagi hari dari seorang anak mencari pekerjaan rumahnya, sepatu, topi dan sarung tangan bekal, menit dll sebelum bus tiba. membentuk ruang di rumah Anda di mana anak Anda diharapkan bisa untuk menempatkan semua yang berhubungan dengan sekolah nya. Mintalah anak Anda pastikan daerah ini diselenggarakan setiap malam sebelum tidur sehingga tidak harus membuat sibuk di pagi hari dan terburu-buru ketika akan berangkat sekolah.

Sebagai Orang tua anda mungkin sering bertanya apakah mereka melakukan segala sesuatu yang bisa untuk membantu kegiatan anak-anak dirumah, dibawah adalah beberapa tips jika Anda bertanya-tanya bagaimana mendukung anak anda dan pendidikan mereka dari rumah.

Berikut ini beberapa Tips yang bisa anda lakukan. 
  • Membantu anak anda mengatur kegiatan sehari hari. 
Anak- anak harus tahu dan memakai jadwal kapan dia diharapkan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, melakukan pekerjaan, olahraga, bermain, makan, mandi, dan rileks. Pastikan bahwa ia tidak melebihi dari jadwal dan bahwa Anda telah memberikan / membagi waktu  untuk melakukan kegiatan - kegiatan tersebut sedikit untuk dia setiap hari. hal ini dilakukan agar sang anak bisa terbiasa dalam mengatur waktu dalam kehidupannya. Ajarkan anak anda bahwa banyak faktor yang berdampak terhadap kehidupan mereka, dan hal tersebut tergantung pada seberapa baik mereka belajar dirumah dan seberapa baik mereka lakukan di sekolah.
  • Membuat Pilihan Hidup Sehat
Olah Raga : Mendorong anak agar olahraga teratur, Ini akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan membuat lebih mudah bagi anak anda untuk belajar. Anda mungkin menemukan bahwa pekerjaan rumah menanggulangi setelah seorang anak berjalan sekitar dan bermain untuk sementara waktu mungkin lebih mudah daripada memulai pekerjaan rumah segera setelah anak pulang dari sekolah.

Tidur: Menetapkan waktu tidur yang akan memberikan anak Anda cukup tidur sehingga ia akan merasa cukup istirahat dan tidak grogi selama hari sekolah.

Bersyukur : Pastikan bahwa anak Anda makan sarapan sehat. berbagi beberapa menit untuk meluangkan waktu bersama. Ajarkan anak tentang pilihan makanan sehat dan tidak sehat dan membantu mereka memahami bahwa apapun hidangan yang ada patut untuk disyukuri , dan itu adalah karunia dari Allaah.

Menghindari Gangguan : kurangi jam untuk menonton TV, bermain video game, berbicara di telepon, dan mendengarkan musik gunakan waktu yanguntuk belajar agama dan umum, atau dengan keluarga. Arahkan anak untuk menetapkan batas-batas wajar pada kegiatan yang kurang bermanfaat dan atau alihkan kepada hal - hal yang lebih bermanfaat..

Buat Ruang Belajar

Cari tempat di rumah yang membuat anak merasa nyaman sehingga mereka dapat menyelesaikan pekerjaan rumah dengan mudah dan efisien. Tentukan lokasi yang nyaman, tenang, baik terang, lapang, dan penuh dengan perlengkapan. Dorong anak Anda untuk menghabiskan jumlah waktu tertentu setiap hari di lokasi ini untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, belajar, meninjau catatan, atau hanya membaca untuk kesenangan.

Baca, Baca, Baca, dan Baca

Orangtua dari anak-anak muda sering menghabiskan berjam-jam membaca cerita. kenikmatan ini tidak harus berhenti atau dihentikan, namun alangkah baiknya diarahkan kepada hal - hal yang negatif, seperti membaca kisah-kisah nabi dan rosul atau membaca kisah kisah para tokoh yang dapat menjadikan mereka berpikir ke arah yang positif.  Jangan biarkan anak untuk memilih cerita yang mereka anggap menarik namun berisi tidak mendidik seperti kisah imajinasi dan atau tokoh karangan. model kebiasaan membaca yang baik untuk anak dengan mengarahkan mereka berpikir positif akan membawa dampak yang positif pula.


Seperti disebutkan sebelumnya, cobalah untuk melakukan sesuatu yang biasa anda lakukan sebagai contoh, membayar tagihan listrik , memberikan sumbangan kepada pengemis , atau melakukan pekerjaan rumah seperti mengembalikan barang ke tempat semula terapkan kebiasaan positif sejak dini dan membantu anak-anak memahami bahwa mereka memiliki tanggung jawab yang sama nantinya ketika dewasa.

Berbicara dengan Anak Anda dan Tampilkan Bunga dalam Kehidupan mereka

Membuat sebuah titik untuk melakukan percakapan sehari-hari tentang apa yang terjadi dalam kehidupan anak. Menanyakan tentang sekolah, teman, kecemasan, kegembiraan dan kekecewaan. Sajikan sebagai pendengar yang baik dan penilaian selama diskusi. Cobalah untuk membawa keluarga bersama setidaknya sekali sehari setelah makan dan saat santai bersama keluarga sehingga semua orang dapat terlibat dalam diskusi keluarga yang nyaman.

Dukung dan ajarkan anak untuk mengisi kegiatan - kegiatan yang positif setiap hari, ajak mereka untuk setidaknya memiliki tanggung jawab dan peran didalam keluarga, sehingga tidak terkesan bahwa orang tua melepaskan dan merelakan apapun yang anak - anak lakukan. 

Selamat Mencoba 

Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment