Anak - Anak Dan Kehidupan Sosial Mereka

Banyak orang dewasa ini tidak menyadari kehidupan sosial yang sangat aktif yang menyebabkan anak-anak mereka yang bahkan masih di bawah usia menyerap langsung pengetahuan yang mereka dapat tanpa ada filter yang benar, anda mungkin berpikir bahwa anak muda anda belum memiliki kehidupan sosial. Dalam kenyataannya, bahkan jika anak anda menghabiskan sebagian besar waktu mereka yang tepat di sisi Anda, mereka berinteraksi secara langsung atau tidak langsung dengan setiap orang

Anak muda di bawah usia 5 sampai 10 tahun berada dalam tahap kehidupan di mana mereka harus dipelihara oleh orang tua mereka, dipandu dan diajarkan tentang dunia di sekitar mereka. Mereka memiliki kemerdekaan minimal dan umumnya selalu diawasi oleh orang dewasa. Meskipun demikian, ini adalah tahap kehidupan mereka ketika sejumlah besar perkembangan kepribadian dan perkembangan emosional terjadi. Perkembangan ini akan mempengaruhi kehidupan sosial dan muda, yang mengejutkan bagi sebagian besar, banyak interaksi sosial yang mereka akan terlibat dalam selama sisa hidup mereka.

Salah satu hal yang selalu membuat saya tertawa adalah ketika saya di supermarket atau keluar dan sekitar dan aku melihat seorang ibu muda dengan anaknya. Sang ibu sering sibuk multi-tasking, mengambil barang, menghitung harga dan menenangkan anak muda nya semua pada saat yang sama, sementara anak-anak terlibat dengan orang-orang di sekitar mereka. Kadang-kadang anak membuat kontak mata, beberapa kali suatu gelombang orang dewasa untuk anak atau membuat wajah. Biasanya ibu sama sekali tidak menyadari bahwa anaknya terlibat dalam interaksi sosial. Beberapa bayi tersenyum pada setiap orang yang lewat, tidak diragukan lagi mengembangkan pesona yang akan membuka banyak pintu bagi mereka di kemudian hari.

Selain dari semua cara insidental bahwa anak anda terlibat dalam interaksi sosial, penting untuk sengaja mengatur peluang bagi anak Anda untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan anak-anak lain seusia mereka. Hal ini memberikan mereka kesempatan yang sehat untuk mulai mengembangkan sosial. Rumah tangga dengan banyak anak dapat ideal untuk menyediakan kesempatan alami untuk anak-anak untuk berinteraksi sosial namun rumah tangga khas hari ini hanya berisi satu atau dua anak.

Mengambil anak-anak ke taman lokal untuk bermain saat anda menonton dan mengawasi adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan mereka untuk bermain dengan anak lain. Tanggal Pengorganisasian bermain dengan anak-anak lain seusia mereka, seperti mendaftarkan mereka dalam beberapa jenis aktivitas untuk balita di perpustakaan setempat. Lihatlah di sekitar anda untuk kegiatan komunitas yang aman, sosial dan merangsang untuk anak anda dan mulai untuk melibatkan anak anda dalam kegiatan-kegiatan untuk pengembangan sosial mereka.

Hal ini sangat penting sebagai orang tua untuk memastikan bahwa kegiatan yang anda daftarkan adalah kegiatan yang aman. Jangan takut untuk bertanya tentang isu-isu keselamatan jika anda memiliki masalah karena anda hanya advokat  untuk anak anda. Pastikan bahwa dalam setiap kegiatan yang melibatkan anak anda dalam kegiatan yang sesuai dengan usia.

Adalah penting bahwa semua anak belajar bagaimana bersosialisasi dan terlibat dengan anak-anak lain sedini mungkin dalam perkembangan mereka. Faktanya adalah banyak keterampilan sosial yang mereka pelajari sepanjang kehidupa mereka.

Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment