Perawatan Kesehatan

Perawatan kesehatan (atau kesehatan) adalah diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit, penyakit, cedera, dan gangguan fisik dan mental lainnya pada manusia. Perawatan kesehatan disampaikan oleh praktisi di bidang kedokteran, chiropractic, kedokteran gigi, keperawatan, farmasi, dan penyedia layanan kesehatan lainnya. Hal ini mengacu pada pekerjaan yang dilakukan dalam memberikan perawatan primer, perawatan sekunder dan tersier, serta dalam kesehatan masyarakat sehari - hari.

Akses ke pelayanan kesehatan bervariasi di seluruh negara, kelompok dan individu, sebagian besar dipengaruhi oleh kondisi sosial dan ekonomi serta kebijakan kesehatan di tempat. Negara dan yurisdiksi memiliki kebijakan yang berbeda dan rencana dalam hubungannya dengan tujuan kesehatan pribadi dan berbasis populasi perawatan dalam masyarakat mereka. Sistem perawatan kesehatan adalah organisasi yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dari populasi target. Konfigurasi yang tepat mereka bervariasi dari negara ke negara. Di beberapa negara dan yurisdiksi, perencanaan perawatan kesehatan didistribusikan antara peserta pasar, sedangkan di lain perencanaan dibuat lebih terpusat antara pemerintah atau badan koordinasi lainnya. Dalam semua kasus, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang berfungsi dengan baik sistem pelayanan kesehatan memerlukan mekanisme pembiayaan yang kuat, sebuah angkatan kerja yang terlatih dan cukup-bayar; informasi yang dapat dipercaya yang mendasarkan keputusan dan kebijakan; dan terawat dengan baik fasilitas dan logistik untuk memberikan obat-obatan kualitas dan teknologi.

Perawatan kesehatan dapat membentuk bagian penting dari perekonomian suatu negara. Pada tahun 2008, industri perawatan kesehatan yang dikonsumsi rata-rata 9,0 persen dari produk domestik bruto (PDB) di negara-negara OECD yang paling maju Amerika Serikat (16,0%), Perancis (11,2%), dan Swiss (10,7%. ) adalah tiga besar pemboros.

Perawatan kesehatan konvensional dianggap sebagai determinan penting dalam mempromosikan kesehatan umum dan kesejahteraan masyarakat di seluruh dunia. Sebuah contoh dari hal ini adalah pemberantasan cacar di seluruh dunia 1980-dinyatakan oleh WHO sebagai penyakit pertama dalam sejarah manusia harus benar-benar dihilangkan dengan intervensi perawatan kesehatan yang disengaja.

Pemberian perawatan kesehatan modern tergantung pada kelompok profesional terlatih dan para profesional datang bersama sebagai tim interdisipliner yang secara sistematis menyediakan pencegahan pribadi dan berbasis populasi, kuratif dan pelayanan perawatan rehabilitatif. yang bervariasi tergantung pada perspektif budaya, politik, organisasi dan disiplin ilmu yang berbeda, ada beberapa konsensus yang perawatan primer merupakan elemen pertama dari proses perawatan kesehatan berkelanjutan, yang mungkin juga mencakup ketentuan tingkat sekunder dan tersier dalam perawatan.

Banyak jenis intervensi perawatan kesehatan yang disampaikan di luar fasilitas kesehatan. Mereka termasuk banyak intervensi kepentingan kesehatan masyarakat, seperti pengawasan keamanan pangan, dan program pertukaran untuk pencegahan penyakit menular.

Mereka juga termasuk jasa profesional dalam pengaturan perumahan dan masyarakat dalam mendukung perawatan diri, perawatan rumah, perawatan jangka panjang, perawatan untuk gangguan penggunaan zat, dan jenis lain dari layanan perawatan kesehatan dan sosial.

Orang-orang di negara-negara kaya hidup secara dramatis, dimana hidup sehat hanya untuk mereka yang kaya sedangkan orang-orang miskin harus terus berkutat dengan sakit dan kesedihan. Dengan demikian bisa dikatakan, bahwa ada kesenjangan antara kekayaan dan kemiskinan, yang bertindak sebagai dasar kesehatan global yang buruk. kehidupan manusia dewasa ini baik dari segi sosial maupun budaya tak jauh lebih buruk dari kehidupan binatang liar di alam bebas.

Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment